Thursday, February 6, 2014

Harga Pantas Kawasaki Estrella

Kawasaki Estrella
Baca perkembangan motor Retro Kawasaki Estrella  agaknya Kawasaki Indonesia ingin membangun komunitas pengemar baru. Dari blognya bung Taufik malah ada berita ada kepastian masuknya 120 unit motor pada kesempatan perdana.

Terus Berapa sih harga yang pantas buat di Indonesia.  Barangkali ada baiknya kita melihatnya harga motor sejenis yang juga di jual di Amerika. Jarak Jepang ke Indonesia jauh lebih dekat ketimbang jarak Jepang ke Amerika....begitulah kira-kira analoginya.

Honda Rebel 250
Motor yang satu kelas dengan Kawasaki Estrella yang beredar di Amerika adalah  adalah Suzuki TU 250 X, Yamaha Vstar 250 dan Honda Rebel 250. Umumya motor-motor ini mempunyai spesifikasi yang mirip dengan Kawasaki Estrella yakni sama sama berkapasitas 1 silinder ( kecuali Yamaha VStar 250 bermesin V - 2 silinder) dan berpendingin udara.

Suzuki TU 250 X
Di Amerika sampai hari ini Kawasaki tidak memasarkan Kawasaki Estrella. Untuk   motor sekelas Estrella di Amrik dari Suzuki TU 250 X adalah  $ 4399 , Yamaha Vstar250  di bandrol  $ 4390  dan Honda Rebel 250 seharga $ 4400.  Semua motor ini adalah impor langsung dari Jepang ( atau negara produsen satelitnya - kaya Thailand). Analoginya harga tersebut di atas adalah harga jual ke Konsumen.

Nah anggap aja ongkirnya sama  (padahal jaraknya lebih dekat)  mestinya pihak produsen mampu menjualnya dengan harga yang sama di Indonesia. Kalo masalah bea masuk ikut dibahas juga rasanya kurang pas karena kalo baca Invoice yang jadi dasar perhitungan pajak juga jauh lebih rendah dari harga yang dibayar konsumen.

Yamaha Vstar 250 -V Twin Engine
Kalo ngak overprice , mestinya kawasaki Estrella mendarat di angka maksimal 44 - 50 jeti maksimal (tergantung kurs).IMHO. Angka yang cukup wah buat teknologi mesin gini. Barangkali Kawasaki Indonesia mau membangun pabriknya di mari agar motor model  Estrella ini ngak mahal-mahal amat - kalo perlu cetakan Binter Merzy / KZ 200 di hidupkan lagi - eikasih improvement  biar mumer dan menambah lapangan kerja.

Publik ngak akan protes seandainya  Kawasaki bikin rangkanya di Indonesia dan mesinnya beli dari Bajaj misalnya. Yang penting buat konsumen Indonesia adalah produk tersebut di jamin Kawasaki Indonesia dan mereknya Kawasaki,......dan sejatinya  udah ngak ada yang bener-bener 100%  Jepang lagi karena globalisasi dan efisiensi. Kawasaki Ninja 250 cc adalah Made In Thailand dan diekspor ke mancanegara termasuk Indonesia..........mudah-mudahan jadi inspirasi dan penggemar motor Retro punya pilihan.

No comments:

Post a Comment