Sunday, February 16, 2014

Benelli QJ - Brazil & Indonesia Market

Benelli  QJ Uno C 250

Pabrikan motor Qianjiang - China , adalah pemilik merek Benelli yang bermarkas di Pesaro- Italy, Tanggal 15 Febuari kemarin Benelli QJ mengambil langkah penting dalam upayanya  mendistribusikan motor-motornya secara Global dengan mengoperasikan pabriknya di Manaus - Brazil. Buat informasi saja Qianjiang juga adalah pemilik merek motor Keeway yang juga diekspor ke mancanegara,

Pabrik ini akan memproduksi motor - motor premium Benelli seperti TNT 889,  TNT 1130 , Tre K Amazonas dan BN 600. Salut juga lihat pabrikan yang mungkin 10 tahun yang lalu belum apa-apa atau bahkan publik belum mengenalnya.

Di Indonesia Benelli QJ, punya cabang - kalo ngak salah di Gn Sahari - Jakarta, cuma kelihatannya  fokusnya di kelas motor gajah. Ngak jelas juga kenapa mungkin Testing Water aja,. Mestinya dengan mengusung nama besar Benelli yang udah malang melintang lebih dari 100 tahun dan penguasaan tehnologi yang bagus, Benelli QJ di Indonesia mestinya lebih berani membangun merek di Indonesia dengan membuka perakitan seperti  motor India - TVS. Udah ngak jaman juga ngandelin Importir doang, alhasil volume hancur, harga OVERPRICE.

Benelli QJ  Uno C 150
Kalo Vendor parts  Indonesia cukup mumpuni, tinggal milah-milah produk apa yang bisa diterima. Pada dasarnya konsumen dibelahan dunia manapun mencari barang terjangkau dengan harga pantas. Nah kalo Benelli QJ bisa meramu keunggulan desain Itali , kehandalan mesin , perakitan di Indonesia, Sistem Mutu, distribusi dan pemasaran yang membumi, tentunya peluang meraih kesuksesan bukan omong kosong.

Brazil 11/12 dengan Indonesia, kalo potensi pasar mirip juga. Kalo Brazil adalah pilar pasar di Amerika latin, Indonesia bisa menjadi basis produksi buat negara-negara Asean plus Australia.

Kalo bicara produk yang sedang HOT di Asia , adalah kelas Sport Fairing dan Sport Naked 150-300 cc, dan Benelli QJ sebetulnya memiliki amunisi yang cukup untu bersaing seperti BN 302,  Uno C 250 an Uno C 150. Persoalan sukses ngaknya sama seperti yang sudah-sudah jangan OVERPRICE kaya ATPM sebelah dan yang penting komitmen jangka panjang terhadap konsumen. Tentu publik juga akan menghargai komitmen ini bila Benelli QJ merakit produksinya di Indonesia dan menjualnya dengan harga pantas. semoga menginspirasi




No comments:

Post a Comment