Wednesday, February 12, 2014

2014 Yamaha YBR 125 The Entry Level

2014 Yamaha YBR 125
Yamaha Indonesia pada bulan Januari harus rela menyerahkan tahta raja motor sport pada Honda sekalipun hanya selisih 2300 unit. Memang ini baru awal tahun masih banyak waktu, tapi kalo ingat hegemoni motor matic Yamaha  Mio direbut Honda Beat pada giliranya hingga detik ini Yamaha belum mampu merebutnya kembali.

Diferentsiasi produk kuncinya, Honda merebut pasar motor sport melalui Versa, CBR 150 R, New Mega Pro dan CB 150 R Street fire. Jelas strategi setiap produk di tiap segmen, Yamaha hanya mengandalkan dua jenis aja. Vixion dan Byson. Ngak ada yang salah namun sepertinya Yamaha fokus mengembangkan variannya saja dari kedua motor ini.

Belum terlambat, Yamaha bisa merebutnya bahkan mempertahankan mahkota kelas motor sport 150cc di tahun- tahun mendatang bila mulai juga mengarap Motor sport Entry level atau di harga 14 -17 jeti maksimum. Perlu dicatat pengemar motor sport  up to 150 cc , bukan hanya sport minded people, tapi ada juga pekerja, petani, pedagang keliling , anak kuliahan dsb yang lebih mencari efisiensi dan keandalan, bukan untuk kopi darat semata. Dengan segudang pengalaman dan banyaknya sumber daya, bukan persoalan sulit kalo Yamaha Indonesia mau masuk ke pasar ini  melalui Yamaha YBR 125.

Motor ini terbukti tangguh di Eropa, India dan belahan dunia yang lain, Mesin motor ini 4 tak 2 klep SOHC , berpendingin Udara dan berkapasitas 125 cc ( mungkin buat Indonesia di bore up hingga 150 cc). Bore x Strokentya 54 x 54 mm, tenaganya 10PS/ 7800 rpm Torsi 9,6 Nm. sudah Injeksi pasokan bahan bakarnya.. 

Suzuki Gixer 150
Garpu depan teleskopik, belakang masih stereo. Rem cakram di depan dan drum di beakang. Ban 275/ 18 dan belakang 90/90/18. Tanki mampu membawa 13 liter dan beratnya 126 Kg. Barangkali  kehadiran motor ini mampu memenuhi kalangan Ordinary People, yang selama ini ngak digarap Yamaha. Buat kalangan biasa-biasa aja, yang terpenting adalah kehandalan dan kemudahan perawatan.

Sebetulnya dikelas  125 -150 cc ini juga dihuni banyak merek, namun mereka belum mengarap modelnya secara maksimum. Salah satu merek yang berpotensi meramaikan persaingan adalah Suzuki Gixer 150, namun persoalan harga masih menganjal, kalo Suzuki masih mengimpornya, tentu akan sulit melawan yang rakitan lokal dikelas 14 -17 jeti. Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment