Wednesday, January 21, 2015

BMW - TVS Bukan Isapan Jempol

Auto Evolution , belum lama ini memberitakan bocoran dokumen impor produksi gabungan TVS dan BMW. Pada dokumen- dokumen impor itu yang berasal dari Eropa ( Jerman dan Itali) mengunakan kode K03 untuk barang- barang yang di Impor.


Memang masih merupakan prototipe, namun dari sisi ini terlihat bahwa desain utama akan berasal dari pihak BMW, dan sesuai analisa yang berkembang bahwa BMW akan mengunakan kekuatan TVS di bidang produksi massal dan murah di India. Paduan Eropa Asia ini mengingatkan duet KTM -Bajaj, Triumph , Ducati dan Harley Davidson yang membangun pabriknya di Asia

Barang yang tertera di dalam dokumen berupa sistem knalpot, rolling chasis atau rangka komplit dan 1 unit motor  yang ditujukan pada R&D tvs di India/ Bangalore.  Pengiriman ini mengunakan Air Shipping, yang menandakan betapa Urgensinya pengiriman  ini.

Kode K03 itu sendiri akan menjadi misteri, namun melihat tendensi perkembangan  motor dunia saat , bukan ngak mungkin K03 artinya kapasitas silinder 300cc. Di India sendiri KTM - Bajaj telah meluncurkan RC 390, Duke 390, Bajaj CS dan SS 400 dan Kawasaki Ninja 300. Di belahan dunia lain CBR 300, Yamaha R3 juga telah mendarat.

Keseriusan duet ini bukan ngak mungkin mendarat di Indonesia. TVS sudah mempunyai jaringan penjualan dan pabrik perakitan di Indonesia. Kiranya dengan timing tepat dan materi marketing yang mumpuni TVS- BMW bukan ngak mungkin menjadi Idola baru di dunia motor.

No comments:

Post a Comment