Monday, August 12, 2013

Triumph - akhirnya Mendarat Di India.


2013 Triumph Daytona 675
 Setelah hampir setahun sejak kemunculan resmi merek motor legenda Inggris  Triumph di India, akhirnya Triumph  memutuskan pembangunan Perakitannya di India. Lokasi pabrik perakitan ini berada di Manesar negara bagian Haryana -India. Keputusan ini sekaligus mengakhiri spekulasi bahwa Triumph hanya ingin bermain sebagai Importir belaka.

 Perakitan Di India ini jelas akan menguntungkan konsumen pengemarnya karena terhindar dari Pajak Import yang tinggi dan sekaligus membangun peluang ekonomi dan tenaga kerja.

Vimal Surnbly mantan petinggi di Bajaj menjadi orang nomer satu di Triumph - India, beliau berpengalaman 16 tahun dalam Industri. Penunjukan ini barangkali sejalan dengan mashab Think Globally Act Locally alias dalam strategi Global Triumph , mereka percaya bahwa Pasar lokal harus dipimpin Local People, karena mereka lebih tahu akan kebutuhan pasar lokal itu sendiri,
2013 Triumph 800 XC

Agak beda dengan di Indonesia, Elite-elit pengambil keputusan tertinggi di industri Motor masih Impor, entah karena kemampuan atau kepercayaan,  Sekilas contoh tentang hal ini sewaktu  Suzuki Motor masih dipimpin Bapak Soebronto Laras - merek Suzuki menjadi salah satu merek dominan. Waktu jaman keemasan 2 tak persaingannya didominasi Yamaha- Suzuki. Ini ironis dengan keadaan sekarang, sejak Suzuki dipimpin lansung oleh Jepang, merek ini hanya nomer 4   setelah Kawasaki
2013 Triumph Bonnevile


Kembali ke Judul, beberapa bulan mendatang Motor -motor Triomph rakitan India ini akan segera mengaspal menghampiri  pengemarnya, Model -model motor triumph yang terkenal diantaranya adalah klasik -Bonneville, Supersport - Daytona 675, Adventure - Tiger 800 XC , Cuiser - Rocket III, Roadster - Speed Triple dan Touring -Trophy SE.

Dari beberapa sumber dipercaya bahwa pembangunan perakitan di India dini sebagai strategi Triumph bermain secara All Out di pasar Asia plus Asean termasuk Indonesia dan persiapan  mereka  untuk mengarap pasar entri 250 cc yang sangat mengoda  di Asia.

Mudah- mudahan Indonesia dilirik menjadi basis produksi merek-merek motor terkenal atau malah berkolaborasi melahirkan merek Indonesia kualitas Global. dari berbagai Sumber.


4 comments: