Tuesday, August 12, 2014

Politik 123 dari Yamaha MT

Baru aja Yamaha Motor mendaftarkan secara resmi versi touring dari seri MT 09 atau FZ 09 pada Office Hormonization in the Internal Market Uni Eropa.  Motor versi turing dari seri FZ 09 ini mengalami perubahan pada fairing depan, Headlight, jok hingga burutan belakang, Yang tetap adalah mesin , swing arm, knalpot, velg dan fork depan.

Penampilan versi turing FZ 09 dapat  disejajarkan dengan Suzuki V Strom 1000. Pengembangan Versi Touring ini karena Yamaha melihat Animo pasar  yang sangat baik  untuk  MT -FZ 09 dan kenapa juga ngak dikembangkan lebih lanjut. Motor touring 3 silinder ini tentu akan merambah para pengemar light adventure untuk meminangnya. Untuk nama, belum diputuskan, Bisa saja Tenere MT 09, merujuk kehebatan motor adventure Yamaha  Tenere .

Tentu kiprah Yamaha mengembangkan seri FZ 09 atau MT 09 ngak akan berhenti pada seri turing saja, selanjutnya tentu  Full Fairing. Istilahnya 1. Naked dulu sama ngejar harga dan Volume, 2 ngembangin seri turing sekaligus menanamkan kesan bahwa motor seri MT ini sanggup berpetualang, 3 membangun full fairing untuk mereka yang senang speed dan malah bukan ngak mungkin untuk Moto GP/ SBK di masa depan.

Kalo pola yamaha ini sukses, selanjutnya tentu akan merambah ke seri MT 07 dan MT 125. Untuk tanah air, ngak usah ambisius. Cukup kelas 150 cc aja yang mumer. Kalo aja Yamaha Indonesia bisa denger, setelah sukses Vixion, diteruskan lahirnya R15 , kenapa juga ngak diluncurin WR 125/ 150 motor jelajah mesin vixion.

Jangan jumawa juga, Honda udah ngintai lewat CB 150 Lokal . ada versi naked sama Full fairing. Bukan ngak mungkin malah Honda nanti duluan ngeluncurin CRF 150 R dengan berbagi mesin dengan CB 150R.  Atau malah Suzuki sekaligus ngeluncurin 3 tipe Gixxer, Full Fairing - Naked - Adventure. We never know....




No comments:

Post a Comment