Saturday, May 24, 2014

Suzuki Gixxer 150 Peluang dan Jurang

2014 Suzuki Gixxer 150 
Kabar akan mendaratnya Suzuki Gixxer 150 cc ,cukup memberi harapan kosumen akan hadirnya motor komuter yang cukup baik dan terjangkau. Seperti di artikel terdahulu tentang motor ini dimana motor ini dirakit di India dan untuk pasar Indonesia sebaiknya diberi beberapa ubahan. Misalnya saja soal rem belakang , sebaiknya cakram bukan tromol kaya di India sono dan juga akan menjadi nilai tambah bila pengunaan velg alloy jadi standar.
2014 Yamaha MT 125

Dasar desain Suzuki  Gixxer cukup baik, namun pasar sangat dinamis. Mumpung belum mendarat di Indonesia, sebaiknya Suzuki Indonesia melakukan beberapa ubahan yang bertujuan memperbaiki tampilan Gixxer agar produk ini akan membawa mereka ke level yang lebih mapan,

Kemunculan Yamaha MT 125 baru-baru ini, adalah mungkin satu masukan yang baik. Pengunaan Engine bottom cover , velg yang lebih gambot di belakang , pengunaan Up side down fork barangkali bisa memberi sentuhan yang bagus untuk the Gixxer. Di sektor  mesin ada baiknya ngak lagi pake seri Thunder, tapi mengunakan sang legenda Satria FU 150. Kalo mentoknya harga, Suzuki harus PD. Pembeli juga cerdas, mereka paham teknologi butuh biaya.  Sepanjang produknya berteknologi dan berdesain di atas rata-rata, tentu publik  akan memborongnya. Ingat ini Indonesia bung.

Satu hal barangkali yang bisa membuat Suzuki kembali di gemari, untuk peluncuran Gixxer ini akan sangat berdampak luar biasa bila Suzuki membangun 3 model sekaligus melalui platfom mesin yang sama. Misalnya Full fairing, Naked dan Dirt Bike.  Yakinkan Suzuki-san di Jepang sana, bahwa market ada, cuma untuk kembali bangkit merajai di pasar Indonesia Suzuki perlu startegi out of the box. Ketimbang banyak produk namun ngak satupun yang menghit volume, mending satu- dua model tapi  mencapai volume maksimal.

Jaman menuntut keberanian dan kecepatan pengambilan keputusan. Yamaha belajar dari keterlambatannya masuk dikelas 250cc, namun mereka rebound dengan MT 125nya.......masih cukup waktu , mumpung belom mendarat dan nasi belum jadi bubur, Barangkali sedikit share yang pas-pasan  ada manfaatnya.

No comments:

Post a Comment