Wednesday, May 14, 2014

2014 Yamaha R25 - $3650

via Young Machine
Jagad sosial media  makin rame polemik aja soal harga yang akan dipatok Yamaha Indonesia pada produk anyarnya 2014 Yamaha R 25 yang rencananya dirilis 20 Mei 2014.  Ada kabar yang cukup sahih yang diulas oleh TMCBlog mengenai adanya unit R25 yang nota bene bikinan Indonesia yang diekspor ke India untuk keperluan riset dan development. Yang menarik didata tersebut terungkap (barangkali) harga dasar ( harga C&F cost and freight - harga motor plus angkutan di India ) sebesar Rs 216.009 atau sekitar US $ 3650 kalo dirupiahin antara 40,6 Jeti hingga 41,5 (tergantung nilai tukar rupiah ke dollar)
Dibawah adalah copy paste dari situsnya TMCblog - sekalian Ijin share sama yang Punya.
gaadi
Dalam Data tersebut di atas terlihat beberapa notifikasi yakni :
  • Motor tersebut memiliki kubikasi 250cc
  • Nomor mesin G041E-0000070
  • No rangka MH3RG102000000070
  • asal dari indonesia
  • tujuan India
  • keperluan : riset (penelitian)
  • Nilai Rs 216,009

Kalo dianalisa dokumen ini dari data harga yang tercantum dalam Rupee/ mata uang India kemungkinan besar harga sudah tiba di India, karena lazimnya dalam perdagangan Internasional kalo barangnya masinh di negara produsen dan belum sampe kenegara tujuan, biasanya masih dalam US dollar dan lazimnya ada embel-embel FOB ( biasanya  FOB Jakarta - Pabrik Yamaha Indonesia atau FOB  Priok / Pelabuhan.)

motorcycle usa
Dari data tersebut diatas, mestinya biaya produksi adalah di bawah harga yang disebut di atas, tentu pemirsa juga paham dari produksi hingga siap di kendarai ada beberapa biaya lagi seperti Pajak balik nama, PPN, marketing cost, margin dsb,  Nah seperti yang pernah di ulas ada 3 skenario harga, Pertama- Yamaha Indonesia  ingin menyapu bersih maka akan melepasnya di bawah 40 jeti , Kedua- Yamaha Indonesia bersikap moderat dan ingin kompromi sama ATPM lain maka harga 45 jeti lah yang bakalan ditempuh, Ketiga -  Yamaha Indonesia ingin mengambil  keuntungan sesaat tanpa mikir panjang maka scenario overprice akan ditempuhnya ( 50-53 jeti).

Model  pembuat keputusan tingkat dewa gini, faktornya bukan nutupin biaya produksi doang, tapi lebih kepada Image yang ingin di kejar, Yamaha tentu ngak mau R25  dianggap motor murahan, namun disisi lain mereka juga paham kalo mau ngejar volume di dalam maupun luar negeri, maka harga harus pantas dan melihat produk-produk sekelas juga. Tinggal lingkungan si pembuat keputusan, kalo dia dikitari orang-orang yang rasional dan berwawasan tentu Yamaha Indonesia akan sukses dengan R25nya, seperti sambutan terhadap R15, tapi kalo manfaatin ephoria R 15 dan menanggap Yamaha R 25 di atas angin ..."to be honest" salah besar. Overprice + arogansi = Hancur.

Mudahan Yamaha Indonesia memberi kebanggan buat Bangsa Indonesia, dalam hal melahitkan produk bermutu dengan harga yang bersaing (dengan India sekalipun.)

Update: hari ini May 20 , Yamaha Indonesia secara resmi melaunching 2014 Yamaha YZF R25. Harga yang di bandrol 53 juta otr Jakarta.
Baca juga

No comments:

Post a Comment