Sunday, May 25, 2014

Rokon The 2x2 BIKE


Nama Rokon Motorcycles mungkin kurang dikenal di tanah air, namun sejatinya Charles Fehn warga California , Amerika sudah merintisnya sejak 1950. Impiannya  sederhana menciptakan suatu kendaraan roda dua yang sanggup menjelajah medan-medan sulit.

setelah beberapa dekade, Rokon telah menjadi suatu ICON petualangan tersendiri khususnya di Amerika. Yang menarik dari Rokon ini adalah unit mesin pengeraknya adalah mesin universal 4 tak yang sering digunakan pada mesin-mesin pertanian, pompa air dan generator atau lebih dikenal dengan mesin tempel.

Untuk tipe Trail Breaker , mengunakan mesin 208 cc 4 tak 2 katup yang masih mengunakan tali penarik sebagai starter dan dilengkapi sistem transmisi 3 percepatan, Bertenaga 7 HP pada kitiran 3500 RPM. Inovasi yang pantas menjadi perhatian adalah sistim pengerak rantai yang unik pada roda depan dan belakang  atau 2 x 2.   Suspensi belakang  monoshock horizontal sementara di depan modelnya lengan ayun yang dilengkapi shock absorber. Inovasi yang menarik adalah velg Almunium model Drum yang mampu menampung air atau bahan bakar sebesar 2,5 gallon (kl 10 liter) di tiap roda.

Dilengkapi juga dengan Gun Holder di stang kemudi , ban traktor dab bagasi pada buritan. Barangkali di tanah air motor ini bisa menjadi Inspirasi buat munculnya suatu alat transportasi yang murah, mudah di rawat dan yang terpenting mampu beroperasi di medan sulit di pedalaman maupun daerah perbatasan yang minim infrasruktur. Ketimbang kebijakan mobil murah mending pemerintah mensupport industri dalam negeri (spt Rokon) yang mampu membawa perubahan di daerah-daerah terpencil sana.

No comments:

Post a Comment