Monday, June 2, 2014

Motor-Motor "Perang " US Army.

HD - WLA
Jenis Kendaraan perang sangat beragam. Mulai light duty hingga heavy duty. Dari Tank yang mengunakan roda  rantai hingga sepeda motor. Tentu kualifikasi motor untuk militer akan lebih tinggi  standardnya ketimbang pengunaan sipil karena sangat bervariasinya medan tan akan di hadapi. Di Amerika  ada beberapa sepeda  motor yang sempat menemani perjalanan Tentara angkatan darat.

Harley Davidson WLA . Motor ini  diproduksi  tahun 1940 sesaat sebelum Amerika ikut terjun dalam kancah perang dunia kedua. Pabrik Harley membangun kurang lebih 90 ribu unit untuk keperluan Tentara. Motor ini dikembangkan dari WLA versi sipil yang di upgrade dengan pengunaan lampu "blackout", memindahkan crankcase dan juga pengunaan cat yabg heavy duty.

HD XA
Harley Davidson XA. Ketika perang dunia kedua berlangsung, pemerintah Amerika meminta Harley Davidson membangun motor yang mirip dengan motor BMW R 71 yang digunakan tentara Jerman. Motor R 71  yang bersilinder flat ganda ini sangat terkenal ketangguhannya selama perang. Harley menjawabnya dengan meluncurkan tipe XA yang bercc 740 Flat Twin dan mengunakan Shaft sebagai transmisi dari mesin ke roda.  Harley sempat membagun 1000 unit tipe XA ini.

Indian 841
Indian 841. Atas permintaan yang sama dari pemerintah, Indian membangun tipe 841. Motor ini mengunakan  mesin V twin melintang seperti yang digunakan Moto Guzzi ketika itu, mengunakan garpu model girder dan seperti BMW R71, pengeraknya mengunakan shaft.

Harley Davidson MT350E. Harley membutuhkan  hampir 40 tahun kembali menekuni bisnis motor militer. Dengan lisensi dari Amstrong - Inggris yang memproduksi Amstrong MT500 yang dipakai diperang Falkland / Malvinas, Harley membangun MT 350E tahun 1987. Motor ini bersilinder tunggal dan sudah mengunakan electrik starter.

Hayes M1030
Hayes M1030. Motor ini sejatinya adalah Kawasaki KLR 650, namum oleh Hayes motor satu silinder ini  dimodifikasi sedemikian rupa hingga beroperasi dengan mesin diesel   dan dapat beroperasi hingga 400 miles dan refueling dengan solar bermutu rendah atau minyak tanah. Kalo di Indonesia , barangkali Kawasaki KLX 150 bisa dikembangkan menjadi Personal Soldier Vehicle tentu dengan beberapa modifikasi untuk menyesuaikan tugas dan medan yang dihadapi tentara. Sumber :Rideapart

No comments:

Post a Comment