Monday, June 16, 2014

Inazuma Turun Harga............

Suzuki Inazuma

Jarang jarang ada berita kaya gini, kabar yang datang dari India cukup mengagetkan  dunia permotoran di negeri Bombay ,itu, pasalnya Suzuki India akhirnya menurunkan harga jual  motor 2 silinder 250 ccnya Inazuma  hingga hampir 20 jeti . Dari kisaran 63 juta sekarang hanya 41 juta (lihat kurs), Hal ini ditempuh setelah melalui penjualan  motor di ini di India  sangat jauh dari harapan.  Inazuma hanya mampu dijual 200 unit lebih sejak diluncurkan Januari lalu.

Ada dua sebab yang kiranya menjadi sebab gagalnya penjualan Inazuma di India. Pertama itu tadi di atas, kemahalan kompare sama motor-motor yang lebih dulu berseliweran semacam Bajaj Pulsar 200 , KTM Duke 200 maupun KTM 390, hingga Hyosung GTR 250.  Dan belum ancaman dari TVS Draken , Mahindra Mojo 300 dan Hero HX 250R yang akan segera mengaspalkan motor 250 cc mereka.

Suzuki VStrom
Kedua...to be honest  Desain dan Teknologi.  Mesin yang masih berpendingin udara adalah menjadi batu sandungan sendiri untuk mengawal citra modern. Desain keseluruhan Inazuma juga ngak sejalan sama citra Suzuki yang comeback ke dunia Racing / moto GP. Kalo memang mau ke arah adventure, kiranya penampiln seperti Vstrom akan lebih diterima. kalo setengah- setengah pasti   hasilnya malah seperempat.

Buat di tanah air, pelajaran berharga. Di Asia termasuk Indonesia , harga menjadi salah satu pertimbangan bagi pembeli. Jauh lebih sukses apabila harga jual itu pantas. Jaman teknologi mocer kaya gini akan sulit buat produsen ngecap produknya beda dst...., yang jelas publik akan membandingkan value for money . Dan ada hal yang ngeri-ngeri sedap juga.....yakni akan mengaspalnya produk-produk 250cc dai TVS dan Hero India  di awal 2015. Mudah-mudahan para ATPM yang ngerasa produknya kemahalan....mending ikut langkah Suzuki India, sebelum akhirnya malah gulung tikar..............

No comments:

Post a Comment