2014 Yamaha MT 125 |
Yamaha MT 125 berbasis Yamaha YZF R 125, Yamaha Vixion jadi basis Yamaha R 15, mungkin juga selanjutnya Yamaha R25 jadi basis MT 250 dan seterusnya. Pasar Indonesia familiar dan mampu mengakomodasi proses metamorfosa ini. Terbukti R 15 laris manis. Namun harus digaris bawahi bahwa harga dan proses perakitan di dalam negeri yang memberi sumbangan utama terhadap keberhasilan R 15.
Ada pernyataan Yamaha Indonesia bahwa MT 125 sulit masuk ke Indonesia, ngak sepenuhnya benar, tergantung pola pikir sama kemauan , dan kemampuan Yamaha Indonesia meyakinkan prinsipalnya,
Kalo dilihat mungkin aja MT 125 terinspirasi dari kesuksesan Vixion dalam penjualannya di Indonesia. Jangan kaget total penjualan MT 125 se Eropa sana nantinya , belum tentu menyamai rekor Vixion di Indonesia.
Sederhana aja ngak ada jalan -jalan di Eropa macet sama populasi motor. Kalo di rakit di Indonesia dan laku 200 ribu unit / tahun masa milih Eropa yang nyerap 10000 unt / tahun. Mungkin premis ini salah, Asia, Afrika dan Amerika Latin adalah pangsa terbesar bagi motor kapasitas 100-150cc, karena regulasi pemerintah dan daya beli masyarakat. Dan satu hal yang Yamaha dan Yamaha Indonesia harus sadar bahwa pertumbuhan ekonomi Asia adalah yang terbaik di dunia.
Kalo dilihat mungkin aja MT 125 terinspirasi dari kesuksesan Vixion dalam penjualannya di Indonesia. Jangan kaget total penjualan MT 125 se Eropa sana nantinya , belum tentu menyamai rekor Vixion di Indonesia.
Sederhana aja ngak ada jalan -jalan di Eropa macet sama populasi motor. Kalo di rakit di Indonesia dan laku 200 ribu unit / tahun masa milih Eropa yang nyerap 10000 unt / tahun. Mungkin premis ini salah, Asia, Afrika dan Amerika Latin adalah pangsa terbesar bagi motor kapasitas 100-150cc, karena regulasi pemerintah dan daya beli masyarakat. Dan satu hal yang Yamaha dan Yamaha Indonesia harus sadar bahwa pertumbuhan ekonomi Asia adalah yang terbaik di dunia.
Yang paling masuk akal adalah Yamaha membangun MT 150 (mode MT 125 dng mesin Vixion 150) di Indonesia dengan basis Vixion . Kenapa ini perlu...sederhana aja, Vixion juga perlu penyegaran, sekalipun sekarang masih memimpin harus diupayakan regenerasinya, Yamaha Indonesia dengan segenap pemasoknya ngak akan kesulitan mengupgrade Vixion jadi MT 150, hanya tinggal hitungan harga saja masuk akal apa nggak. sedikit pesan aja - jangan down grade gede2an Upside down dan New Swing arm harus ada, kalo ngak jadi MeTe aja di pasar. imho
Pengemar, pembeli dan calon pembeli Yamaha jangan kuatir, dulu juga pembesar Yamaha Indonesia selalu mengatakan fokus di suker matik, toh juga sekarang membidik 250 cc, sama juga nati kalo sampe vixion Kolaps bukan ngak mungkin Yamaha Indonesia merakit MT 150 buat rebound lagi, jauh lebih baik mencegah daripada mengobati. Kaya politik aja semasa jaya sebaiknya Turun tahta , rakyat akan mengenang dan menyanjung daripada lupa turun tahta hingga rakyat murka. More ore less Sorry.....
No comments:
Post a Comment