Sunday, April 20, 2014

Basis Satria FU 150cc For The Next Products

Reputasi Suzuki Satria FU 150 cc 4 tak DOHC ini ngak perlu diragukan lagi. Predikat Ayam Jago sudah disandangnya sekian lama dan  terbukti unggul diantara lawan-lawannya. Harus diakui konfigurasi mesin Satria FU bisa dikatakan salah satu yang terbaik,, performa dan kehandalannya ngak ada keraguan lagi.

Sayang hal ini kurang jeli dilihat oleh R&D dan para elite Suzuki Indonesia. Entahn kurang  wewenang atau kurang kreatifnya.  Yang jelas apabila melihat Indonesia sebatas pasar tanpa berusaha melokalisasi produk, rasanya suatu kesalahan besar.

Melihat perkembangan motor sport 150 cc dan membesarnya market , mestinya Suzuki Indonesia divisi Roda 2 mampu mengembangkan beberapa produk baru berbasis Mesin  Satria FU ini. Konfigurasi mesin yang tegak  dapat dikatakan sangat flexible bila digunakan pada motor sport atau motor jelajah.

Ada dua keuntungan besar buat Suzuki, pertama Reputasi Produk. Mesin Satria yang sudah teruji ini membuat keraguan konsumen atas mutu mesin dari produk baru yang di launcing akan sirna. Kedua strategi satu mesin dengan 3-4 produk berbeda  jenis  akan membuat efisiensi produksi dan diferensiasi market.

Ilustrasi pengembangan
Salah satu yang sedang HOT adalah masuknya  Suzuki Gixxer 150, barangkali Suzuki lebih baik mengunakan mesin Satria FU, ketimbang mesin Thunder 125 untuk memenangkan pasar,  Suzuki juga harus berani mengembangkan produk Gixxer melalui beberapa Inovasi, misalnya ada gixxer naked dan full fairing - jangan mentah-mentah duplikasi dari apa yang ada di India.  Dan tentunya  Pasar juga akan bereaksi positif bila akhirnya Suzuki ikut meramaikan pasar motor trail melalui hadirnya Suzuki RMZ / DRZ 150 yang bemesin Satria FU.

Ilustrasi Pengembangan
Ada pepatah lain lubuk lain ikannya, barangkali apa yang cocok di market India belum tentu cocok di Indonesia, begitupun sebaliknya. Dabn Kenapa pembahasan hanya bicara 150 cc? Sederhana saja Publik selalu  ingin produk yang bagus, handal dan terjangkau. Kelas 150 cc ini jelas  lebih mewakili daya beli umumnya masyarakat Indonesia. Ngak usah yang terlalu canggih dan rumit, kalo ada mesin yang bagus, kenapa ngak dikembangin aja.

Ngak ada salahnya dan ngak ada ruginya buat Suzuki untuk lebih berinovasi melalui produk yang telah teruji. Untuk sekelas Suzuki Indonesia ,  sebetulnya ngak ada kendala berarti buat mewujudkannya.  Ada rupa ada harga, ada mutu ada cerita. Kalo memang inovasi Suzuki sesuai selera pasar dan mampu memproduksinya secara lokal, pasti akan disambut gembira oleh pasar. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment