Sayang hal ini kurang jeli dilihat oleh R&D dan para elite Suzuki Indonesia. Entahn kurang wewenang atau kurang kreatifnya. Yang jelas apabila melihat Indonesia sebatas pasar tanpa berusaha melokalisasi produk, rasanya suatu kesalahan besar.
Melihat perkembangan motor sport 150 cc dan membesarnya market , mestinya Suzuki Indonesia divisi Roda 2 mampu mengembangkan beberapa produk baru berbasis Mesin Satria FU ini. Konfigurasi mesin yang tegak dapat dikatakan sangat flexible bila digunakan pada motor sport atau motor jelajah.
Ada dua keuntungan besar buat Suzuki, pertama Reputasi Produk. Mesin Satria yang sudah teruji ini membuat keraguan konsumen atas mutu mesin dari produk baru yang di launcing akan sirna. Kedua strategi satu mesin dengan 3-4 produk berbeda jenis akan membuat efisiensi produksi dan diferensiasi market.
Ilustrasi pengembangan |
Ilustrasi Pengembangan |
Ngak ada salahnya dan ngak ada ruginya buat Suzuki untuk lebih berinovasi melalui produk yang telah teruji. Untuk sekelas Suzuki Indonesia , sebetulnya ngak ada kendala berarti buat mewujudkannya. Ada rupa ada harga, ada mutu ada cerita. Kalo memang inovasi Suzuki sesuai selera pasar dan mampu memproduksinya secara lokal, pasti akan disambut gembira oleh pasar. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment