Wednesday, April 30, 2014

2014 Kawasaki Z 250 SL, 38,9 jeti - Play Safe.

Foto : Gila Motor
Akhirnya kematin sore di Central Park Jakarta, Kawasaki Indonesia Launching resmi Kawasaki Z 250 sl yang bermesin 250 cc bersilinder tunggal. Motor ini adalah versi naked dari Ninja 250 SL yang udah di launcing duluan.

Ada kekagetan juga ketika Kawasaki mengumumkan harga perdana otr Jakarta Rp 38,9 jeti untuk versi non ABS, dimana publik juga tahun bahwa versi fairing non ABS di launcing 39,9 jeti otr Jakarta. Hanya terpaut 1 juta saja untuk nebus fairing plus braketnya. Disaat yang sama juga publik paham bahwa beda harga dari Ninja 250 dan Z 250 ( twin cylinder) mencapai 5 jutaan.

Sah-sah aja Kawasaki mau jual Z 250 sl di harga berapapun, namun melihat investasinya membangun perakitan yang yang juga berujuan export, rasanya ada suatu yang kurang pas kalo melihat "habis-habisannya Kawasaki ketika melauncing Ninja 250 SL"  Ketika itu pasar kaget bahwa Kawasaki memasarkan motor 250 cc di bawah 40 jeti. Sekarang ketika meluncurkan versi naked, kelihatannya  Kawasaki akan memfokuskan diri hanya pada versi fairing.

Kalo kita melihat scope yang lebih luas lagi, mungkin ini adalah 'win-win solution'  di antara para ATPM yang ada. Bila Kawasaki melepas Z 250 SL di harga  34 -35 jeti, jelas situasi persaingan akan berubah 1menjadi Killing Field. Kenapa ... Yamaha sedang fokus melauncing R 25 bulan May ini, bukan mustahil di lanjutkan versi Nakednya (maybe F 25).

 Melihat kondisi pasar 250  sekarang agaknya Yamaha pun akan ' menghormati Kawasaki" yakni dengan melepas R25 dikisaran 40 jeti ke atas ( namun tetap di bawah Ninja 250 twin) karena secara  psikologis dan anggapan 2 silinder lebih baik dari 1 silinder. dan kalopun Yamaha meluncurkan versi nakednya tentu akan bertengger di angka 40 jeti alias ngak akan di bawah  Z250 SL. we see...may be yes may be wrong...

Bila  Yamaha brjibaku melepas R 25 di bawah harga Z 250 SL atau 38 jeti ke bawah, maka sama saja Yamaha mengobarkan perang saudara  dan segera  peta persaingan akan menuju Killing Feild. - hancur-hancuran-  sesuatu yang agak mustahil terjadi. Secara pasar . Kawasaki memilih Play Safe -  Yamaha pun akan  demikian.

Ada ungkapan bahwa The best freind is your enemy ( dr film Grandmaster yang dibintangi Tony Leung dan Zhang xiyi - Film Epic Martial Arts), artinya kira kira, berteman dengan musuh kita akan mawas diri, selalu berlatih lebih baik, saling segan dan menghormati kekuasaan masing -masing. Kawasaki tetap memengang pasar 250 dan Yamaha memiliki pengemar fanatik. Konsumen tinggal nentuin pilihan - semua pihak akan senang.

baca juga
http://fendimotor.blogspot.com/2014/03/kawasaki-ninja-rr-mono-250-sl-naked.html
http://fendimotor.blogspot.com/2014/02/harga-2014-kawasaki-ninja-250-mono.html

No comments:

Post a Comment