Thursday, April 3, 2014

Mahindra MGP 30 Moto3 Up Close & Personal

Satu-satunya Motor India yang berpartisipasi di balap MotoGP adalah Mahindra MGP 30. Motor yang berpartisipasi di kejuaraan MotoGP - kategori Moto3 ,  adalah hasil kolaborasi antara Mahindra - India  dan Suter Racing yang bermarkas di Switzerland.

Mahindra MGP 30 ini bermesin 1 silinder 249 cc DOHC yang dikembangan secara mandiri oleh Mahindra. Dilengkapi dengan Dual Throttle Body EFI System dari Dell Orto memenuhi batasan puncak RPM sesuai aturan FIM yakni 14000 RPM.

Suter Racing bertugas membangun chasis dan meracik berbagai komponen kelas dunia seperti Ohlins   untuk suspensi, Brembro pada pengereman, Akrapovik pada knalpot dan Dunlop melapisi  veleg 17 inch. Hasilnya MGP 30 ini pada putaran GP 2013 di Malaysia sempat naik podium dan hanya terpaut setengah detik dari sang Juara yang mengunakan KTM.

Dan yang patut di contoh oleh para ATPM dan calon ATPM barangkali adalah pendapat dari Anand Mahindra - Group Chairman Mahindra yang mengatakan " Menjadi  perusahaan India pertama yang berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia  roda dua yang sangat prestisius ( MotoGP - Moto3)  adalah hal yang sangat membanggakan.

Pendek kata , kemandirian penting di segala bidang termasuk Industri Motor. Dan membangun kebanggaan sebagai bangsa salah satunya adalah  berpartisipasi pada seri Kejuaraan Dunia. Dan mudah-mudahan pemerintahan yang akan datang lebih memperhatikan sektor kemandirian roda dua........Berharap.com.


No comments:

Post a Comment