Tuesday, July 16, 2013

Petronas FP1 cikal bakal Moge Malaysia

 Petronas adalah konglomerasi Energi milik  negara jiran Malaysia yang telah melanglang buana kiprahnya. Industri Motor malaysia cukup berkembang. mereka punya merek sendiri yakni Modenas. Pada masanya pernah menjadi sponsor Kenny Roberts dengan pembalapnya Kenny Roberts Jr untuk bertarung di Moto GP.

Petronas sendiri tercatat banyak berkiprah  sebagai sponsor utama tim MotoGP dan Formula 1 dan beberapa event balap kelas dunia lainnya. Pada tahun 2003 diluncurkan program pembuatan motor balap yang bisa jadi sebagai cikal bakal motor besar Malaysia dikemudian hari (kapasitas hingga 1000cc) IMHO.

Proyek ini ngak banyak hingar bingar dan agak tertutup , Prototipe pertamanya adalah Petronas GP1, 900cc tiga silinder 127 BHP. Orang yang berperan dibalik ini adalah Carl Fogarty, Mesin ini dibagun sama oleh tim teknik yang membangun Mesin Sauber di Formula 1. Tahun 2003 pembalap yang pernah merasakan motor ini adalah Troy Corser.

MCN

Karena perubahan aturan dan persoalan homologasi proyek ini sempat tertunda. Untuk memenuhi aturan homologasi yang mengharuskan tim memakai  mesin yang diproduksi massal, Petronas sempat membuat 150 unit dimana 100 unit diantaranya akan di jual kepada publik. Entah kenapa produk ini belum pernah sampai ketangan konsumen. Namun  tahun 2010 sebuah situs web tentang motor MCN mendapati 60 unit berada di Essex- Inggris, Setelah lebih dari 10 tahun- 2012 ternyata motor ini sedang di tes di Switzerland dan lolos homologasi dan memakai nama Petronas FP1,

Sayang Pertamina ngak berwawasan kaya Petronas (konon kabarnya ahli-ahli Petronas pernah belajar sama Pertamina di awal-awal pendirian Petronas) dalam arti  jangan  ngurusin BBM . tabung ijo doang dan Pertamini (pedagang bensin eceran). Ntar kita terkaget-kaget melihat Malaysia produksi Moge sportnya dan masuk juga ke Indonesia kaya mobil Protonnya;



Mudah-mudahan jadi momentum inspirasi perubahan dunia motor Indonesia ...sumber Riderexperience, MCN, Visordown.

No comments:

Post a Comment