Monday, July 22, 2013

2014 Yamaha WR 125 R - mesin Vixion



2014 Yamaha WR 125 R
2014 Yamaha WR 125 R ini adalah motor dual purpose yang populer di Eropa. Bermesin 125 cc. Di desain untuk melahap trek Off Road mulai ringan hingga moderat dan sangat oke di jalan raya. Kalo di Indonesia Motor ini sekelas Kawasaki KLX 150.

Yamaha WR 125 R ini dilengkapi mesin 125 cc 4 tak Single Cylinder 4 Valve-SOHC. Bahan Bakar sudah menganut sistem Injeksi. Berpendingin cairan dengan Radiator. Mesin tangguh ini membangun torsi 12.2 Nm/ 8000 Rpm dan 15 HP/ 9000Rpm. Biarpun  memiliki cc yang lebih kecil namun secara hitungan tenaga memiliki tenaga lebih besar dari KLX 150 langsiran Kawasaki.

Yang menarik dari konfigurasi mesin ini adalah kemiripannya dengan Mesin Yamaha Vixion yang sangat populer di Indonesia. Perhatikan penampakannya dari sisi kiri dan kanan. Sekadar informasi ,  Sangat tidak berlebihan bila Yamaha Indonesia memproduksinya di Indonesia karena dari spesifikasi mesin, rangka dan suspensi sangat familiar di jajaran produk Yamaha Indonesia... imho

Rangka Tubular Steel pipe, swing arm berbahan dasar Steel, supensi depan teleskopic yang di beri plastik protector. Ban depan ukuran 21 dan belakan 18. Pola tapak ban yang bercorak All Terrain sangat membantu pengendara merambah perkotaan atau Off road sekaligus. Rem cakram depan dan belakang dengan diameter 240 dan 220 mm yang cukup memberi daya cengkram terbaik di kelasnya.


Mesin  Yamaha Vixion
                                                                                       Produk motor dual purpose ini sebenarnya cocok untuk dikembangkan di Indonesia . Sebagai Negara Agraris dan keindahan Alamnya , tentu perlu motor yang dapat beroperasi di alam bebas atau jalan-jalan non aspal, kedua banyak juga  jalan di perkotaan yang tergenang dan banjir di kala hujan serta jalan yang berlubang akibat minimnya perawatan.
.
Mudah-mudahan merek lain juga membangun motor Dual Purpose nya, Ngak usah muluk muluk kelas 250 cc yang akan selangit harganya, lebih baik bermain di kelas 125 - 150 cc yang lebih realible di pasar  baik dari segi harga , kemampuan pengembangan dan mengimbangi daya beli konsumen. Semoga menginspirasi.

8 comments:

  1. Kapan WR 125 ngaspal Indonesia?
    Trs berapa duwit bwt nebus ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu ATPM Yamaha , mau ngak main dikelas ini, cuma ironisnya part list WR 250 udah nongol di situs Yamaha Indonesia. Sejatinya WR 125 berbasis mesin Vixion mestinya lebih diprioritaskan . Bro kl motor R 15 - Vixion fairing di brandrol 28 jeti, trail WR 150 - 125 rakitan lokal expektasinya 25 jeti. Anyway makasih udah mampir.

      Delete
  2. Bener tuh mas, harus nya main aja dulu di 125-150 cc
    Biar terjangkau juga harga nya kalo emang niat nya nyaingin klx 150 :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir Gan.......

      Gajah didepan mata engak kelihatan, seut diseberang lautan tampak jelas,.....barangkali ungkapan yg pantas buat YMI yang hingga hari ini masih ngak bisa lihat potensi Dual Purpose..........

      Delete
  3. Udh bisa pesan di dealer? Kalo udh bisa, ogut langsung beli. Udh ngiler ni.

    ReplyDelete
  4. Makasih udah mampir. Sayang belom mampir di dealer. Kalo pun ada di importir Umum. Susah kalo yang ngurus YMI masih fokus sama matik dan Vixion. Padahal WR 125 ini mesinnya sebangun sama vixion......Salam satu Jalur

    ReplyDelete