Saturday, November 17, 2018

Kebangkitan Jawa Motorcycles


Ditengah semaraknya semangat retro dikalangkan pabrikan motor dunia, salah satu pilar indusrei motor di masa lalu Jawa Motorcycles bangkit kembali dari  tidurnya yang panjang.  Singkat cerita Motor yang lahir di Ceko dan sekarang ini di bangun di India.

November tahun ini Jawa Motorcycles memperkenalkan motornya Yakni Jawa dan Jawa 42. dua duanya berbasis mesin sama 293 cc,  single pistton 4 langkah DOHC berpendingin air dengan tenaga 27 HP.. Chasis Double cradle  , ban 90/90 /18 didepan dan 120/80/17 di belakang. Garpu depan teleskpik, dan stereo gas  dibelakang. Rem cakram depan dan drum di belakang.



Gayanya bisa dibilang cikal bakal retro alias evolusi dari masa lalu. yang menarik adalah penempatan mesin single silinder  DOHC yang berpendingin air dan sudah injeksi. Dari dua model ini perbedaan yan mencolok hanya penempatan dan model speedometer.  Yang satu di batok lampu depan yang satu  independen di batang kendali.

2018 Jawa 
2018 Jawa 42

Harganya cukup kompetitif Jawa sekitar $2100 dollar amerika  dan Jawa 42  sekitar $2350  (Harga Showrooom di New Delhi). Kalo Royal Enfield yang juga bikinan india (termasuk KTM  cc under 390) masuk ke pasar Indonesia , mungkin Jawa juga akan mendarat. Sepanjang ngak overpriced motor ini tetap ada pengemarnya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment