Monday, September 4, 2017

2018 Honda CRF 150 dan 2018 Yamaha WR 150

Momentum maraknya semangat satu jalur dari pada motorist yang ngefans berat sama advantures dan setelah bertahun - tahun hanya menjadi penonton keperkasaan Kawasaki KLX150 di arena , akhirnya Honda Indonesia bersiap mengadu peruntungan  melaunch 2018 Honda CRF 150.

Keberadaan motor Honda CRF 150 di ajang 2017  Pameran Mobil dan Motor di kemayoran  dan pernyataan -pernyataan petinggi AHM di media seolah menjadi penanda bahwa Honda akan bermain di kelas Adventures 150 CC yang selama ini dikuasai Kawasaki dengan KLX150nya.

Ini adalah berita yang bagus buat para pengemar dan calon pengemar motor adventures. Kelas 150 cc ini adalah kelas yang paling masuk akal dari segi volume, teknologi dan keterjangkauan . Honda tentu siap sekali dengan mesin 150 cc nya , baik berpendingin udara (seperti Honda Versa) atau berpendingin air ( Honda CB150 R). Sedikit saran , ada baiknya Honda Indonesia menpertimbangkan kekinian , misalnya Garpu depan teleskopik sepertinya mulai usang. Kawasaki telah merilis KLX150 special edition yang mengunakan garpu Up Side Down.



Dari segi mesin ada baiknya mengunakan mesin berpendingin air dan berteknologi injeksi seperti yang digunakan pada Honda CB150R. Disamping kemudahan parts juga effisensi produksi. Kemudian ada baiknya ban mengunakan ukuran 21/18 atau 21/19 , Ukuran ban ini sepertinya menjadi wajib di kalangan adventurer, Special engine wannabe atau trabaser.  Kalo soal rangka mau trellis, besi siku , hollow apa almunium silahkan, karena nama besar Honda jadi jaminan.

Kembali ke Judul kalo honda bersiap gimana Yamaha Indonesia, sekali lagi jangan tutup mata, Persaingan sudah di depan mata. Ingat R25 yang melempem sejak hadir nya Honda CBR250 double silinder dan upgradenya si Ninin, Pasar akan selalu berkembang baik volume maupun segmen  apabila hadir produk produk yang memang diperlukan.  Memang saat ini pasar skutik adalah terbesar, namun apabila melihat geografis Indonesia , Motor bergenre trail inilah  yang lebih diperlukan.

Yamaha punya kartu as yang segera bisa direalisasikan, Di Dunia Yamaha memiliki  motor adventure Yamaha WR 125 yang memiliki reputasi baik, tinggal bagaimana membawnya ke Indonesia dengan beberapa penyesuaian terutama dari segi mesin. Bukan artinya mesin WR125  kurang mumpuni , namun melihat kehebatan penjualan Vixion150cc berpendingin air ada baiknya mesin 150cc ini yang di pakai Yamaha Indonesia.  Efisien dari segi produksi , kemudahan perawatan dan paling penting keterjangkauan.

Sang Jawara Kawasaki KLX150 ada baiknya juga memperbaharui mesin lawas menjadi 150 cc berpendingin air , supaya tetap bisa di jalur yang benar dan tetap  tayang di dunia kekinian. Mudah- mudahan 2018 Honda CRF 150  dan  2018 Yamaha WR150 segera hadir di pasar Indonesia , biar pasar adventure, spesial engine wanna be, trabaser berkembang dan  Salam Satu jalur.

No comments:

Post a Comment