Salah satu Media mainstream memberitakan bahwa Yamaha telah mematenkan produknya dengan nomer registrasi DID2018067438. untuk produk WR155 dan W155R. Dari seri ini jelas Yamaha akan mendaratkan motor adventure / dual purpose/ supermoto di Indonesia. Dari kodenya kemungkinan besar akan mengunakan mesin Vixion , mesin yang sama yang digunakan untuk motor retronya XSR 155
Ini suatu kabar baik untuk oara adventurer, Special engine wanna be, paris dakar wannabe atau trabaser sekalipun, karena ini pertama kalinya mesin berpendingin air untuk motor dual purpose diproduksi di Indonesia Belum jelas kapan akan mendaratnya, tapi penulis di tahun 2013 pernah menulis artikel tentang Yamaha WR dengan mesin yang mirip Vixion (https://fendimotor.blogspot.com/2013/07/2014-yamaha-wr-125-r-mesin-vixion.html)
Sekalipun mungkin terlambat, Kehadiran Yamaha WR ini akan membawa angin perubahan bagi pesaing pesaing yang sudah mandi lumpur duluan. Bukan ngnk mungkin si penghuni tahta ke;as 150cc Dual purpose ini KLX 150 akan menganti mesinnya dengan mesin berpendingin air juga dan tentunya Honda CRF . Keduanya akan tampak ketinggalan jaman bila tidak menghadirkan mesin berteknologi sekelas. Kalo Honda CRF 150 mungkin akan mengadopsi mesin CB150R, Entah KLX 150, apabila ditanam mesin ninja 150cc kelasnya akan jadi Special engine KX 150 ,,,kwkwk
Kalo boleh usul soal desain, headlightnya boleh juga diadopsi teknologi led dan modelnya dual light kaya bmw, bukan soal trend aja. pertama karena Days running light for safety, kedua kan buat lampu jauh.
Tinggal Suzuki, kalo Suzuki masih mo hadirkan konsep yang tanggung kaya Haojue NK150 , sorry to say.... Good bye.....(https://fendimotor.blogspot.com/2019/03/2019-suzuki-dr-z125-l-dan-suzuki.html) . Alasannya sederhana, pengemar kelas dual purpose ini paham informasi dan desain .
Lihat peta persaingan sekarang ,kalo Suzuki Indonesia mau membalikan keadaan pasar, minimal model rangka RM125 langsiran 2007 di tanem mesin GSX150 atau malah lebih canggih lagi. Dan satu hal terpenting motor motor ex China baik yang impor kaya SRM atau yang dirakit kaya Viar bhakan morin / motor India bukan tidak mungkin ikut merangksek tahta kelas Adventure / dual purpose 150cc ini
No comments:
Post a Comment