Sunday, September 7, 2014

2015 Honda CB300F $3.999 di Amrik

2015  Honda CB 300F
Rupanya Honda Thailand tetap dipercaya Honda - Jepang untuk  membangun motor - motor yang dipasarkan secara Global . Setelah sukses memasarkan secara global Honda CRF 250 R  yang made in Thailand, sekarang Honda juga memcoba peruntungannya membangun Honda CB300F di Thailand  yang kemudian dipasarkan secara global . Strategi ini hampir sama dengan Kolaborasi KTM Bajaj yang memusatkan produksi  KTM Duke 200 dan 390 di Chakan India dan juga mengekspornya keseluruh dunia, atau Kawasaki yang membangun Ninja Mono 250 SL dan seri nakednya Z 250 sl dari pabriknya di Indonesia. Tentu hal ini karena sumber daya manusia yang cukup terlatih dan upah buruh yang kompetitif dan kemudahan ekspor impor di negara produksi.

via MotorcycleUSA
Motor yang berbobot 378 pound , bersilinder tunggal 286 cc, berpendingin air, 6 percepatan, fuel injection,  sasis baja, cakram depan belakang, masih Fork teleskopik di depan  dan  berbobot 9 pound lebih ringan dari saudaranya CB 300R yang full fairing.

Motor Thailand ini di Amerika dipasarkan $3.999, kebayangkan harga dasarnya di Thailand setelah dipotong margin dealer dan ongkos  kirim  BTW - Honda  di Amerika juga  bersiap  menghadapi  panasnya persaingan kelas 300 cc sport  yang sudah dihuni Ninja 300  dan kabar akan mendaratnya KTM Duke 390 dalam waktu dekat.

Kalo untuk pasar Indonesia,  Astra Honda Motor masih akan fokus sama CBR 150 dan 250 yang mulai dilokalkan.  Kalo lihat pola pikir pembesar AHM yang membuat  keputusan soal harga CBR 250  tetapi nunggu Yamaha buka harga R25 duluan, kayanya sulit mengharap CB 300F ngaspal dalam waktu dekat Rider yang  kebelet mau beli mungkin  harus lewat IU alias Importir umum. Yang menarik dengan motor ini adalah  CC lebih besar bisa dijual lebih murah dari R25 kalo ngukur dari harganya  di Indonesia. Sayang Yamaha R25 kayanya ngak akan masuk Amerika, karena mungkin persaingannya akan sangat ketat dan Volumenya terlalu kecil kalo dibanding dengan Indonesia. Bersyukurlah ATPM  di Indonesia mahal aja ada yang beli kenapa juga mesti murah........




















1 comment:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete