2014 Yamaha MT 125 |
Berapa sih penjualan Yamaha Eropa untuk kelas 125-150 cc - ngak sampe 50.000 unit pertahun. Tapi hitung berapa penjualan VIXION pertahun , lebih dari 10 x lipat dari Yamaha Eropa. Sederhana gini, apa motor-motor 125 -150 cc menyemuti jalanan Eropa....kan ngak , beda sama di Indonesia.
Mobil-mobil sport eropa aja seperti Lamboghini , Ferrari, Mc Laren, Bugati, Maserati dll udah lama ngaspal di Indonesia. Moge Amerika - Eropa seperti Harley Davidson, Triumph, MV Augusta, DUCATI dll juga udah lama ngaspal di Indonesia sekalipun harganya melambung karena berbagai regulasi . Belom lagi bidang lain seperti Iphone yang hendak membangun pabrik di Indonesia, Blackberry meluncurkan BB seri Jakarta..... apa bener selera Indonesia sedemikian buruk sehingga ngak pantas untuk dapat menikmati Yamaha MT 125/ MT 150........
Aprilia RS 4 - 125 cc |
Yamaha Indonesia Jangan terlalu pede juga , dengan segera datangnya pasar bebas bukan ngak mungkin bandar -bandar Industri India , China atau Eropa akan datang dan membangun Industri motornya di Indonesia. Suksesnya Kolaborasi Bajaj dan KTM membangun seri DUKE dan RC dengan cc dibawah 400cc menjadi pelajaran berharga bagi para pelaku Industri motor. KTM mengunakan pola yang sama di China. KTM berkolaborasi dengan CF Moto untuk menaklukan pasar China.
Efisiensi adalah kata kunci suksesnya sebuah produk. Kawasaki membangun Ninja 300 dipusatkan di Thailand dan mengekspornya ke seluruh dunia. Harley Davidson membangun Harley 500 cc dan 750 cc di India karena biaya. Harusnya Yamaha Indonesia membangun MT 125 dan mentransformasikannya menjadi MT 150 dan mengespornya ke seluruh dunia termasuk Eropa sana. Mumpung sebelom terlambat...segera berbenah sebelum pihak lain mengambil kesempatan...............
No comments:
Post a Comment